Sistem Pencernaan Manusia Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Sistem Pencernaan Manusia Berdasarkan Pendapat Para Ahli - Jika dipahami proses pencernaan pada manusia dan hewan sebenarnya memiliki sebuah persamaan dan kemiripan, hanya saja dalam beberapa organnya memiliki fungsi yang berbeda atau memiliki kelebihan fungsi yang berbeda. Pada dasarnya pencernaan merupakan sebuah peristiwa masuknya makanan ke dalam mulut yang kemudian diteruskan melalui kerongkongan sampai akhirnya masuk ke dalam sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia maupun hewan.

Sistem Pencernaan Manusia Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Proses pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ penceranaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Satu kesatuan antara penceranaan, organ-organ pencernaan, serta kelenjarnya membentuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan berfungsi memecah bahan-bahan makanan menjadi sari-sari makan sehingga sumber makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh dengan mudah. Berdasarkan prosesnya, pencernaan makan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :

Proses Pencernaan secara Mekanis

Pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk halus atau kecil dengan bantuan gerakan alat-alat pencernaan seperti gigi dan lambung. Pada pencernaan mekanis tidak terjadi perubahan susunan molekul bahan makanan yang dicerna.

Proses Pencernaan secara Kimiawi

Merupakan suatu proses pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makan yang bermolekul dasar menjadi molekul yang berukuran kecil.

Dengan terjadinya kedua proses tersebut yang saling bersinergis maka akan menghasilkan suatu proses penceranaan sempurna yang sangat bermafaat bagi tubuh manusia. Jika salah satu dari dua diantara proses tersebut maka banyak masalah penceranaan atau gangguan penceranaan yang menimpa tubuh manusia. Kedua hal ini merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan.

Dengan adanya kedua proses tersebut proses kerja dari organ-organ pencernaan tubuh manusia akan bekerja dengan baik. Jika seluruh organ bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya tentu saja akan berdampak positif bagi manusia. Namun prorse tersebut juga membutuhkan bantuan dari manusia yaitu dengan membiasakan melakukan proses pencernaan yang bias di atur oleh diri sendiri yaitu dengan mengunyah makan sampai benar-benar lumat, sehingga system pencernaan dapat dikurangi resiko kerjanya.

Mengunyah makan sampai benar-benar lumat merupakan salah satu usaha yang bias di kontrol manusia agar system pencernaan dapat bekerja maksimal dan mengoptimalkan system kerja organ-organ yang berperan dalam system pencernaan. Organ-organ yang dimaksud antara dalam system pencernaa ini adalah mulut yang merupakan system terkontrol manusia karena bias digerakkan berdasarkan perintah koordinasi otak manusia. Kemudian kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar.

Demikianlah cara mudah memahami sistem pencernaan dalam tubuh manusai menurut para ahli dengan lengkap dan mudah. Hal lainnya seputar ilmu pengetahuan alam dan sistem pencernaan akan dibahas dalam kesempatan berikutnya.

Related Posts